banner image

ULASAN1 - Multitasking di Smartphone? Kok Bisa?

Pernahkah kalian pada saat bermain game tiba - tiba mendapat notifikasi dari teman kalian dalam media sosial (LINE, Facebook, WhatsApp) ? Mengapa aplikasi - aplikasi tersebut dapat terus berjalan walaupun kita sedang membuka game? Gary Sims dari kanal YouTube Android Authority akan menjelaskan hal tersebut melalui video Processes and thread - Gary explains (url : https://youtu.be/h_HwkHobfs0)  yang berdurasi tujuh menit 35 detik ini.

Ketika beberapa program aplikasi dijalankan dalam waktu yang bersamaan, memori dan CPU time dalam perangkat harus dibagi untuk setiap program tersebut. Setiap aplikasi yang sedang berjalan memiliki satu proses yang memuat semua informasi mengenai program tersebut. Informasi tersebut berupa process identifier, memory space, state (running, sleeping, stopping). Kernel akan melakukan scheduling berdasarkan informasi yang telah didapatkan.

Kernel juga menyediakan sistem supaya suatu aplikasi dapat melakukan dua atau lebih aktivitas (disebut juga sebagai thread) yang berbeda. Sistem tersebut menerapkan proses locking supaya ketika suatu thread melakukan eksekusi pada critical section, thread yang lainnya akan menunggu sampai thread tersebut selesai sehingga tidak terjadi kesalahan. Yang menjadi masalah apabila thread yang mengeksekusi critical section tidak membuka lock (karena error atau bug) sehingga thread lainnya tidak dapat mengakses section tersebut atau ketika thread saling menunggu giliran eksekusi critical section dengan thread yang lain namun tak satu pun dapat masuk ke dalam section tersebut (deadlock).

Sims sebagai presentator dari video ini telah menjelaskan bagaimana terjadinya processes scheduling dalam aplikasi dengan bahasa yang mudah dipahami penontonnya. Bahkan ia meringkas ulang dari penjelasannya di bagian terakhir untuk memudahkan mereka yang belum mengerti. Sayangnya, Sims tidak membeberkan solusi atas masalah deadlock yang telah dibahas.

github : NaomiRiana
URL Ulasan : https://nao-cyber-journey.blogspot.com/2017/12/ulasan1-processes-and-threads.html
URL Konten : https://youtu.be/h_HwkHobfs0
Durasi : 07:35
Video Author : Android Authority
Pemetaan Konten : week06
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 1 Desember 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : 1 Desember 2017
ULASAN1 - Multitasking di Smartphone? Kok Bisa? ULASAN1 - Multitasking di Smartphone? Kok Bisa? Reviewed by Naomi on Desember 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.